Sabtu, 17 November 2012

obat sakit mata


Obat Sakit Mata

Ramuan tradisional untuk mengobati sakit mata, antara lain sebagai berikut :
A. Mata merah
1. Segenggam daun pegagan dicuci, dilumatkan. Peras dan saring. Teteskan air pegagan ke mata yang sakit 3 – 4 kali sehari.
2. Segenggam daunbunga melati, boleh juga bunga melati dicuci lalu direbus. Minum sebagian air rebusan. Sebagian lagi digunakan untuk mencuci mata yang sakit.
3. 5 helai daun iler dicuci dan direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Diminum 3x sehari.
Untuk obat tempel: Daun iler dicuci bersih,agak diremukkan dengan tangan tapi jangan sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.
B. Mata minus
Minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Boleh juga 7 batang wortel di parut lalu beri sedikit air dan peras dengan menggunakan kain. Minum air perasannya sekali sehari.
C. Rabun senja
2 batang wortel dicuci,diparut. Remas dengan 2 sendok makan air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, diminum. Lakukan ini 3x sehari.
D. Radang selaput lendir,sehingga penglihatan berkabut:
2 sendok teh penuh jinten hitam dicuci.  Seruas ibu jari bangle, seruas ibu jari kunyit. Semua dikupas dan dimemarkan. Rebus dengan setengah gelas air sampai airnya tinggal setengah dari semula.  Saring dan minum 2x sehari pagi dan sore hari.
Sakit mata juga bisa di obati dengan air rebusan daun sirih yang sudah dingin. Rendamlah mata yang sakit dengan air rebusan tersebut selama beberapa saat. Lakukan 3x sehari. Insya Allah sembuh.

Obat Stuip /kejang

Untuk mencegah agar tidak sampai terjadi kejang pada anak-anak, maka usahakanlah agar si anak dapat buang air besar secara teratur. Jika ia dalam keadaan demam, usahakan agar dapat buang air kecil dan mengeluarkan keringat sebanyak-banyaknya. Jangan sampai terkena angin dan jangan membuat si anak terkejut. Ciptakan suasana yang tenang dan penuh kasih sayang.
Jika seorang ibu menyusui mengalami peristiwa yang mengganggu perasaan dan membuat batinnya tertekan, sebaiknya untuk sementara tidak menyusui bayinya lebih dulu. Gantikan saja dengan memberikan air tajin pada si anak.
Secara tradisional anak yang terserang gangguan stuip (kejang) bisa diobati dengan ramuan-ramuan sebagai berikut.
A.  Anak yang sering mendapat gangguan stuip hendaknya dimandikan dengan air rendaman daun sangket. Ini berkhasiat untuk menenangkan.
B.  Juga air sari daun sangket yang masih mentah atau sedikit air rebusan daun sangket jika diminum merupakan obat yang baik untuk mencegah stuip.
C. Jika anak sedang kejang, berikan pertolongan sebagai berikut :
1. Tidurkan sianak ditempat yang hangat dan agak gelap.
2. Lepaskan semua pakaiannya yang menekan bagian badan.
3.  Ambil 10 lembar daun inggu dilumatkan sampai halus,campurkan sedikit cuka atau asam jawa. Gunakan untuk mengkompres ubun-ubun sianak dan kakinya direndam dengan air hangat.
4.  Jika kejang disertai panas,maka kepala sianak diguyur atau dikompres dengan air dingin atau air yang sudah dicampuri dengan bawang merah dan cuka. Kakinya direndam dengan air hangat.
Untuk menyadarkannya,tetesilah lidah sianak dengan air bawang merah. Jagalah jangan sampai lidahnya tergigit.
5. Jika kejang tanpa panas, usahakanlah agar sianak muntah atau menangis supaya mulutnya terbuka, dan ganjallah mulutnya supaya tidak tertutup lagi. Tetesilah lidah sianak dengan sesuatu yang berbau tajam seperti bawang merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar