15 jeruk 150x150 5 Rahasia Cantik alami dengan Buah JerukJeruk merupakan pohon dengan buah berdaging yang memiliki ciri khas rasa yang masam dan segar, walaupun ada pula yang rasanya manis. Jeruk merupakan tanaman marga Citrus dari suku Rutaceae(jeruk-jerukan). Rasa masam pada buah jeruk ditimbulkan oleh senyawa sitrat yang terkandung di dalamnya.
Asal mulanya jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk merupakan tanaman pohon kecil, perdu atau semak besar yang memiliki ketinggian 2 – 15 m. Kulit buah dan daun jeruk beraroma wangi karena mengandung minyak atsiri yang jumlahnya cukup banyak. Jeruk terdiri dari beberapa jenis, yang cukup terkenal antara lain Jeruk Nipis, Jeruk keprok, Jeruk Sukade, ,Jeruk Manis , Jeruk Lemon, dan Jeruk purut.

Manfaat Jeruk untuk Kecantikan

Selain enak dan menyegarkan untuk dikonsumsi, jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk merawat wajah Anda. Jeruk mengandung Alpha Hydroxxy Acid (AHA) alami yang dapat mengencangkan jaringan tubuh, membersihkan dan mengencangkan kulit.  Selain itu, AHA yang terkandung dalam jeruk berguna untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek pada wajah, serta memutihkan kulit.
Bahan yang dipakai untuk perawatan herbal adalah jeruk buah yang biasa  Anda konsumsi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk merawat wajah Anda:

1. Untuk menghaluskan kulit

Untuk mendapatkan manfaat jeruk dalam menghaluskan kulit, caranya dengan mencelupkan sepotong kapas ke dalam air, lalu peras. Setelah itu kapas yang basah tersebut ditetesi dengan beberapa tetes air buah jeruk dan bisa langsung dioleskan ke wajah. Setelah menunggunya hingga kering, bilaslah dengan air dingin

2. Mengecilkan pori-pori kulit

Kini Anda tidak perlu membuang kulit jeruk, manfaatkan saja kulit jeruk tersebut untuk mengecilkan pori-pori wajah. Caranya sangat mudah, Kulit jeruk Anda potong-potong kecil, selanjutnya rendam dalam air hangat selama semalam. Esok harinya rendaman ini bisa Anda gunakan untuk membasuh wajah.

3. Membersihkan kulit

Ternyata manfaat jeruk bisa untuk membersihkan kulit juga. Anda hanya perlu memotong-motong buah jeruk dan membuang bijinya. Potongan tersebut selanjutnya dioleskan langsung ke kulit wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu barulah Anda bilas dengan air dingin.

4. Perawatan kulit berminyak

Untuk merawat jenis kulit berminyak agar tak tampak mengkilap, Anda juga bisa menggunakan potongan buah jeruk dan masukkan ke dalam kain tipis. Cara menggunakannya cukup dengan mengusapkannya pada wajah sambil berbaring, selanjutnya tunggu hingga agak mengering.  Untuk membersihkannya sisa-sisa air jeruk, gunakan air hangat setelah itu gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah.

5. Menghaluskan tangan dan kaki

Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk lagi untuk menghaluskan kulit tangan dan kaki, yaitu berfungsi sebagai exfoliator kulit mati. Caranya, ambil kulit jeruk yang masih segar lalu usapkan pada tangan dan kaki dengan sedikit menekan. Jangan terlalu keras agar kulit jeruk tidak pecah. Setelah itu bersihkan hasil gosokan tersebut.
Catatan penting untuk Anda yang akan mempraktekkan tips di atas, yakni sebaiknya merawat wajah dengan jeruk ini jangan dilakukan pada siang hari untuk menghindari reaksi AHA dengan sinar matahari. Selamat Mencoba !