Sabtu, 08 Desember 2012

cara mengatsi kram perut


Penyebab Kram Perut dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kram Perut dan Cara MengatasinyaKram perut atau rasa tidak nyaman (nyeri) di perut akibat adanya kontraksi atau spasme dari organ di dalam rongga perut dapat berasal dari organ-organ kandungan ataupun organ-organ di luar kandungan seperti dari saluran cerna ataupun dari saluran kemih (saluran kencing). Pernahkah anda merasakan rasa nyeri dan kaku pada perut bisa tiba-tiba muncul saat beraktivitas? Ini merupakan ciri dari kram perut.

Apa sih penyebab kram perut?

Kram perut dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu dari makan, minuman, stress, bisa juga terjadi saat haid. Banyak kejadian seseorang mengalami kram karena telat makan dan lama berada di ruang ber-AC. Kram perut juga bisa terjadi karena perut kosong tiba-tiba dimasuki makanan pedas atau asam.
Mengapa terjadi kram perut?
Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot, peradangan atau bisa juga akibat salah makan. Ini bukan suatu penyakit tapi merupakan salah satu gejala awal dari adanya penyakit di tubuh seperti lambung, maag, masalah di kantung empedu, hernia atau organ lainnya.

Cara mengatasi kram perut

  • Dengan botol/ handuk air hangat : suhu hangat dari air botol dapat membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa nyeri akibat kram perut. Anda juga bisa mencoba meletakkan handuk hangat di perut.
  • Minum air putih : memperbanyak minum air putih saat perut terasa kram, karena air dapat mengurangi kadar asam di lambung. Juga mengurangi konsumsi kopi, teh dan minuman alkohol karena akan membuat rasa nyeri semakin bertambah.
  • Untuk mengatasai perut kram tersebut cobalah obat tradisional seperti ini: sediakan daun cabai Jawa (3 lembar), air (1 gelas). Haluskan 3 lembar daun cabe/cabai jawa, kemudian seduh dengan 1 gelas air panas. Minum air ramuan untuk perut kram tersebut selagi hangat.
  • Ambil semua bagian tanaman kapulaga secukupnya dan air 1 gelas. cuci bersih semua tanaman kapulaga. Rebus air 1 gelas hingga mendidih, saring dahulu dan minum air rebusan selagi hangat.
  • Mengubah kebiasaan makan : cara efektif agar terhindar dari kram perut adalah mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas, makanan berlemak dan mengonsumsi minuman berkarbonasi. Makanlah secara perlahan dan kunyah makanan dengan benar agar sistem pencernaan bekerja dengan sempurna.
  • Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau berenang. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu selama 20-30 menit setiap kali latihan. Hal ini berguna untuk melemaskan otot dan sendi serta mengurangi penimbunan cairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar