Kandungan manfaat  serta khasiat buah  Cermai (Phyllanthus acidus)


manfaat buah cermai

Mungkin banya orang sudah kenal akrab dengan Buah Cermai . Cermai (Phyllanthus acidus) atau sering disebut Cerme, cereme atau ceremai. Buah Cermai memiliki yang manis dan enak. Gampang saja untuk menemukan buah cermai, biasanya pohon cermai ada di teras-teras rumah atau dipekarangan rumah yang mempunyai cukup luas halaman dan disana ditanamlah pohon cermai.
Deskripsi Buah Cermai (Phyllanthus acidus)
Cerme, cereme atau ceremai adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.
Perdu atau pohon kecil dengan ketinggian sampai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cerme bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh.Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.
Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji.
Klasifikasi Buah cermai (Phyllanthus acidus)
KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoMalpighiales
FamiliPhyllanthaceae
BangsaPhyllantheae
UpabangsaFlueggeinae
GenusPhyllanthus
SpesiesP. acidus
Nama binomial Phyllanthus acidus
Kandungan Buah cermai (Phyllanthus acidus)
Nilai Kandungan Gizi Ceremai (per 100 gram porsi makan) adalah 28 kkal energi, 91,7 g air, 0,7 g protein, 6,4 g karbohidrat, 0,6 g serat kasar, kalsium 5 mg, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, 0,01 mg thiamin , riboflavin 0,05 mg dan 8 mg vitamin C (Anon, 1992).
Daun cermai mengandungi banyak air, karbohidrat, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, protein, lemak, dan serat. Manakala buah pula mengandungi serat, mineral dan vitamin C.
Dikatakan memakan pucuk cermai dapat merawat alahan kulit, penawar racun gigitan serangga biasa, lumbago, sengal-sengal peha, tekanan darah tinggi, dan kanser.
Manfaat dan Khasiat Buah cermai (Phyllanthus acidus)
Manfaat dan Khasiat Buah Cermai :
Bagian yang digunakan untuk pengobatan:
Daun; digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan.
Kulit akar; asma dan sakit kulit.
Biji; sembelit dan mual akibat perut kotor.
Beberapa cara penggunaan ceremai untuk pengobatan:
Sembelit
Siapkan biji ceremai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Siapkan daun ceremai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.
Asma
Ambil 6 biji buah ceremai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.
Kanker
Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

Melangsingkan badan
Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.