Sabtu, 08 Desember 2012

manfaat gandum

Manfaat Gandum 


Ahli nutrisi menyatakan bahwa, makanan ini sangat baik dikonsumsi sebagai makanan sehari – hari bagi siapa saja walau tidak menjalankan program diet. Saat ini banyak olahan berbahan dasar gandum yang dapat dengan mudah ditemui. Diantaranya :
  • Roti Gandum. Roti gandum lebih baik dibanding dengan roti putih biasa.
  • Biskuit dan Mie Gandum. Makanan ini sangat cocok digunakan sebagai camilan karena lebih menyehatkan daripada mengkonsumsi camilan yang lain.
  • Pasta Gandum. Pasta tidak baik untuk program diet, tetapi pasta dari gandum bisa dijadikan pilihan.
  • Oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang sangat baik bagi penderita jantung, namun juga baik dikonsumsi untuk makanan diet.
Khasiat Gandum  Untuk Kesehatan
1.    Melancarkan Pencernaan
Biji gandum memiliki serat yang tinggi sehingga berkhasiat menghaluskan feces manusia. Itulah yang menyebabkan biji gandum ini sangat bersahabat dengan pencernaan. Hasiat mengkonsumsi biji gandum ini atau dalam bentuk olahannya adalah proses pencernaan makanan akan lancar karena Anda tidak akan sulit untuk buang air besar.
2.    Diet
Kandungan serat tinggi yang dimiliki biji gandum juga membuat Anda merasakan sensasi kenyang lebih lama jika sudah mengonsumsinya. Jika ingin berdiet dengan pola makan yang sehat, mengonsumsi biji gandum atau olahannya adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menyukseskannya.
3.    Baik untuk Jantung
Kandungan serat yang dimiliki oleh biji gandum ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Mengkonsumsi roti yang terbuat dari biji gandum secara rutin dapat menjaga jantung terkena penyakit jantung.
Jika sudah terserang penyakit jantung, terutama jantung koroner, Anda dapat mengkonsumsi oat meal secara rutin untuk mengobatinya. Di dalam oat meal yang terbuat dari biji gandum ini terdapat kandungan Folic Acid yang berguna untuk mengurangi atau bahkan dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner.
4.    Mengobati Penyakit Kolesterol
Serat yang terkandung di dalam biji gandum ini juga memiliki khasiat untuk mengikat kolesterol, lemak, dan juga asam empedu. Dengan begitu, kolesterol dalam darah dapat dikurangi dengan mengkonsumsi makanan olahan dari biji gandum secara rutin dan dilakukan terus menerus. Kolesterol akan selalu terkontrol dengan adanya serat tersebut sehingga dapat digunakan pula untuk pencegahan timbulnya penyakit kolesterol.
5.    Mengobati Penyakit Diabetes
Biji gandum yang diolah menjadi roti memiliki kandungan gula yang rendah. Sangat jauh kandungan gulanya jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kelebihan zat gula dalam darah yang menimbulkan penyakit diabetes.
Pengkonsumsian roti yang terbuat dari biji gandum sebagai karbohidrat ini sangat dianjurkan jika Anda memiliki penyakit diabetes. Ini diperlukan untuk tetap memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat tanpa harus menambah kadar gula dalam darah. Mengganti makanan pokok Anda dengan biji gandum adalah pilihan yang tepat yang dapat dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar