Minggu, 13 Januari 2013

7 manfaat minyak zaitun


Mengenal 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan




Manfaat Minyak Zaitun| sebagaimana telah diketahui khalayak, bahwa manfaat minyak zaitun telah dirasakan oleh peradaban masa lampau, yang dalam beberapa sumbe rdisebutkan sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu peradaban yang pertama kali menggunakan manfat minyak zaitun adalah masyarakat di sekitar laut Tengah (Laut Mediterania). Tak heran bangsa bangasa disekitar Laut Tengah seperti Spanyol, Italia, Yuanani disebut-sebut  sebagai pengkonsumsi sekali produsen minyak zaitun terbesar di dunia. manfaat minyak zaitun sendiri hingga kini masih dapat dirasakan dengan berbagai macam tehnik pengolahan yang terus dikembangkan.
manfaat minyak zaitun,khasiat minyak zaitun,manfaat minyak zaitun untuk wajah
Klik Picture!! untuk informasi selengkapnya
Dewasa ini banyak orang mengeruk manfaat minyak zaitun, mulai dari pemakai hingga pemasaranya. Hal ini dikartenakan toko herbal banyak sekali menjual berbagai macam minyak zaitun dam banyak bentuk,ukuran dan kemasan.

Mengenal Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah banyak dibuktikan dan dirasakan masyarakat, lalu sebenarnya apa  sih bahanbaku minyak zaitu? Menurut beberapa artikel herbal, Minyak zaitun diambil  dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea)
Minyak zaitun punya beberapa jenis di pasaran. Bisaya ada 3 jenis, yaitu : Sulingan, Extra Virgin dan Murni. Berikut penjelasanya.
  • Minyak Zaitun Sulingan

Minyak zaitun yang jenis pertma adalah sulingan. Jenis ini merupakan jenis minyak zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan, setelah proses pertama. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Jenis ini manfaat minyak zaitun nya sudah sangat berkurang karena sudah melewati beberapa tahap penyulingan.
  • Minyak Zaitun Murni

Salah satu ciri Minyak zaitun yang murni biasanya berwarna hijau kekuningan. Manfaat minyak zaitun jenis murni ini yang paling baik adalah untuk masak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama. Jenis minyak zaitun murni adalah hasil proses lanjutan dari jenis yang extra virgin.  Harga pasaran biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.
  • Minyak Zaitun Extra Virgin

Ciri jenis extra virgin : kehijauan, memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Minyak ini sangat tidak disarankan  untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Cara mengambil manfaat minyak zaitun jenis extra virgin adalah langsung dikonsumsi.

Kandungan minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun memang sangat besar, namun apa sih sebenaranya kandunganya? Inilah kata pakar tentang kandungan minyak zatiun :

“Minyak zaitun mengandung banyak senyawa aktif seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squalene, yang memegang peran penting dalam kesehatan dan kecantikan,” papar Prof Dr Made Astawan, guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB.
Secara umum manfaat minyak zaitun adalah dikarenakan punya kandungan : vitamin E dosis tinggi, beta-carotene atau vitamin A, vitamin K, juga antioksidan layaknya phytosterol, flavonoid, dan senyawaphenolic.
manfaat minyak zaitun,khasiat minyak zaitun,manfaat minyak zaitun untuk wajah
Tabel Kandungan Minyak Zaitun

Proporsi kandungan bisa dilihat pada table komposisi di samping. Terlihat bahwa kandungan minyak zaitun di dominasi oleh lemak (fat) serta beberapa vitamin. Terlihat juga bahwa carbohidrat dan protein bisa mencapai 0%, ini berarti bahwa minyak zaitun sangat didominasi lemak yang sehat (lemak berantai tunggal)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar