Kamis, 17 Januari 2013


Capello: Jangan Asal Tiru Gaya Barca!

Fabio Capello. (Foto: Daylife)
Fabio Capello. (Foto: Daylife)
LONDON -  Suksesnya Barcelona di kancah La Liga dan Eropa memang tak lepas dari permainan yang khasnya. Tak sedikit, beberapa klub pun ikut menyonteknya walau terkadang tak berbuah hasil yang manis.

Oleh karena itu, Fabio Capello mengatakan bahwa tim-tim lain jangan asal meniru permainan dari Barca. Meski begitu, mantan pelatih berusia 66 tahun ini mengatakan bahwa ada beberapa aspek yang masih bisa ditiru dari tim asal Spanyol tersebut.

"Saat ini taktik Barcelona sedang banyak diikuti. Tapi, akan menjadi kesalahan jika menjiplak gaya mereka. Karena taktik itu harus diadaptasikan terhadap pemain. Jadi, jangan asal meniru gaya Barca," ujar Capello, seperti dilansir Marca.

"Beberapa aspek mungkin bisa ditiru, seperti bagaimana cara mereka bertahan. Ketika mereka kehilangan bola, setiap pemain menekan lawan tanpa harus mengandalkan gelandang. Menurut pendapat saya, itu adalah sesuatu yang baru. Tetapi Anda membutuhkan pemain berbakat seperti Iniesta atau Messi," sambungnya.

Pernyataan dari Capello ini ia berikan saat melakukan pertemuan tahunan Forum Pelatih dan Manajer Eropa yang pertama. Ajang itu digelar oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Asosiasi Manajer Liga dan Castrol.

Selain Capello, hadir dalam acara itu pelatih Swansea City, Michael Laudrup, dan pelatih Glasgow Celtic, Neil Lennon. Forum itu digagas oleh pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. (min)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar