Minggu, 13 Januari 2013

manfaat tomat


TomatTomat, buah yang populer dan selalu ada dalam kehidupan sehari-hari ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan selain rasanya yang segar untuk dibuat beberapa menu masakan. Warnanya yang merah juga membuat buah ini menarik untuk dijadikan hiasan. Di Italia, tomat bahkan dijadikan tema festival yang meriah.
Tumbuhan tomat dapat berbuah kapan saja dan tidak mengenal musim. Buah ini sangat mudah dijumpai dan mudah untuk mendapatkannya kota-kota di Indonesia. Jenisnya juga beragam, mulai dari tomat buah, tomat sayur yang berukuran lebih kecil, tomat cherry yang seperti buah cherry dan varietas lainnya di seluruh dunia. Semuanya mengandung vitamin A, C, mineral, serat dan fitonutrient yang sangat baik untuk kesehatan.
Menyajikan tomat untuk mendapatkan nutrisi terbaik tidak sulit. Anda dapat membuat jus tomat atau mencampurnya dengan bahan makanan lain atau bahkan memakannya langsung. Namun ada anjuran untuk memasaknya pada suhu sedang terlebih dahulu untuk mengeluarkan kandungan lycopene yang sangat baik untuk kesehatan.
Antioksidan
Kandungan lycopene pada tomat dapat menghilangkan radikal bebas pada tubuh, selain itu juga tomat mengandung  vitamin A,  vitamin C dan beta caroten dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga selain mengurangi resiko kanker, tomat juga dapat digunakan untuk perawatan kulit alami yang efektif dan untuk merawat kesehatan mata. Lycopene juga disebutkan dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker.
Menguatkan Jantung
Mengkonsumsi tomat juga dapat menyeimbangkan tekanan darah dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh karena tomat mengandung Kalium dan Vitamin B. Tomat juga membantu mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.
Menyehatkan Rambut dan Menguatkan Tulang
Tidak hanya untuk perawatan kulit, ternyata efek konsumsi tomat dapat membuat rambut menjadi sehat karena kandungan Vitamin A. Kalsium dan Vitamin K pada tomat yang lebih mudah diserap juga memiliki dampat pada tulang yang sehat dan mencegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar