Jumat, 11 Januari 2013

habibie ainun


Film Habibie dan Ainun: Kisah Nyata Tentang Cinta Pertama dan Cinta Terakhir

Penulis Anien Wahyu Ningsih - 24 Des 2012 | 21:560 komentar
Buku berjudul Habibie & Ainun yang ditulis oleh BJ Habibie beberapa tahun yang lalu, kini telah difilmkan dengan judul yang sama, yaitu Habibie dan Ainun. Film Habibie & Ainun menceritakan tentang cinta pertama dan cinta terakhir dari Bacharuddin Jusuf Habibie dan (Alm.) Hasri Ainun Habibie yang hanya dipisahkan oleh maut. Cinta, kesetiaan dan air mata, mungkin ketiga hal tersebut yang dapat dilihat dari film yang bergenre drama romantis ini.

“Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun”

Film Habibie dan Ainun

Kisah cinta pertama dan cinta terakhir antara Habibie dan Ainun berawal dari pertemuan di sebuah sekolah. Waktu itu, sosok Ainun yang akrab dengan panggilan “gula jawa” itu tak begitu “menggoda” hati Habibie.

Setelah beberapa tahun, dua teman SMP itu dipertemukan lagi di Bandung. Pertemuan itu membuat Habibie jatuh cinta kepada Ainun yang telah menjadi “gula pasir”. Ainun pun merasakan hal yang sama. Aniun tak hanya jatuh cinta kepada Habibie saja, namun Aniun juga percaya akan mimpi dan visi Habibie yang ingin membuat 'truk terbang' untuk menyatukan Indonesia. Akhirnya mereka berdua menikah dan terbang ke Jerman.

Habibie dan Ainun sadar bahwa untuk mewujudkan mimpi besar tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan. Dinginnya udara dan salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian dan godaan harta benda serta kekuasaan saat mereka kembali ke negeri tercinta mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Saat Habibie mulai "ditarik" ke Tanah Air dan sibuk dengan urusan kepemerintahan hingga menjadi orang nomor satu di Republik Indonesia, Ainun setia menemaninya. Ia terus memperingatkan kesehatan Habibie, menyediakan obat sampai ia lupa dengan kesehatannya sendiri.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun bagaikan mata untuk melihat hidupnya sesuai arti kata "ainun" sebenarnya yaitu mata. Sedangkan bagi Ainun, Habibie adalah pengisi cinta dan kasih dalam hidupnya. Namun setiap awal dan setiap kisah memiliki akhir.

Kemudian pada suatu titik, dua sejoli dan belahan jiwa itu tersadar, apakah cinta mereka bisa abadi untuk selamanya? Saat sang istri lebih dulu meninggalkannya, Habibie ternyata tak sekuat saat ia legawa mundur dari kancah perpolitikan Indonesia.

"Ainun, jangan tinggalkan saya," ratap Habibie saat istri tercintanya mengembus nafas terakhir.

Film Habibie dan Ainun yang menceritakan kisah nyata tentang cinta pertama dan cinta terakhir ini dibintangi oleh Reza Rahadian yang dipercaya memerankan tokoh BJ Habibie dan dipasangkan dengan aktris Bunga Citra Lestari sebagai Ainun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar