Selasa, 08 Januari 2013

kiat sukses dalam menghadapi uas


Kiat Sukses Menghadapi UAS



Image: college candy.
Image: college candy.
JAKARTA - Di dunia ini tidak ada orang yang ingin gagal, tentunya kita ingin semua yang kita kerjakan berjalan dengan lancar. Tak terkecuali kita para mahasiswa yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Bisa dikatakan UAS merupakan titik puncak perjuangan kita belajar selama satu semester, dan sudah tentu nilai UAS sangat menentukan kelulusan dari mata kuliah yang diambil. Oleh karena itu, tidak heran jika kita berharap untuk bisa menjawab soal-soal nantinya dengan lancar dan tentunya mendapat nilai yang memuaskan.

Namun kesuksesan itu tidak bisa dicapai dengan cara instan. Dalam hal ini, kita yang akan segera menghadapi UAS harus mempersiapkan diri secara matang agar kesuksesan dalam ujian dapat tercapai. Nah, berikut ini ada beberapa tips agar kita bisa menghadapi ujian dengan lancar.

Perhatikan cara mengajar dosen di kelas
Dengan memperhatikan pola saat dosen mengajar di kelas, kita bisa memperkirakan bentuk-bentuk soal seperti apa yang kemungkinan besar akan menjadi bagian dari soal ujian. Jika dosen menekankan bahwa kita harus benar-benar memahami materi tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa materi itu akan dikeluarkan dalam ujian nantinya.

Kumpulkan materi dari kelas lain
Dalam melengkapi materi yang akan dipelajari untuk menghadapi UAS, kita bisa mengumpulkan materi dari kelas-kelas lain dengan jurusan dan angkatan yang sama. Walaupun mengajar mata kuliah yang sama, belum tentu dosen di kelas lain menyampaikan materi yang sama dengan materi yang disampaikan oleh dosen kita.

Membuat kelompok belajar
Kelompok belajar dapat menjadi tempat kita untuk saling bertukar pengetahuan dan belajar antarsesama teman. Materi yang sulit untuk kita pahami, akan menjadi lebih mudah ketika kita berdiskusi dengan teman yang memahami materi tersebut.

Jangan belajar dengan SKS
Banyak mahasiswa yang menganggap cara belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) merupakan cara yang paling efektif untuk menghadapi ujian. SKS mungkin bisa efektif jika materi yang kita pelajari hanya sedikit. Namun, jika materinya banyak, cara ini hanya akan membuat kita terburu-buru dalam belajar, sehingga setiap materi yang dipelajari tidak akan dicerna secara maksimal dan memungkinkan adanya materi yang terlewatkan. Ada baiknya jika kita mempersiapkan diri kita untuk mulai belajar sedikit demi sedikit dari jauh hari.

Fokus saat belajar
Saat belajar, sebisa mungkin lepaskan diri kita dari hal-hal yang bisa memecah konsentrasi, seperti Twitter, Facebook, games, dan sebagainya. Beberapa hal tersebut hanya akan membuat kita tidak fokus ketika belajar, dan tentunya otak kita juga tidak bekerja maksimal dalam menyerap materi yang dipelajari.

Pelajari kisi-kisi

Apabila dosen kita berbaik hati untuk memberikan kisi-kisi soal, pelajarilah dengan baik. Kemungkinan besar beberapa soal dari kisi-kisi tersebut pasti akan menjadi bagian dari soal ujian nantinya.

Teliti dalam membaca soal
Keterbatasan waktu dalam ujian terkadang membuat kita terburu-buru dalam membaca soal. Pastikan kita membaca soal dengan teliti dan memahami perintah dari soal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kita menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan soal
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar