Sabtu, 12 Januari 2013

tentang penyakit sinusitis


Tentang Penyakit Sinus


 
 
 
 
Penyakit sinus atau biasa juga disebut sebgaai sinusitis adalah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan rongga hidung bagian atas. Penyakit sinus disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu aliran udara ke dalam rongga hidung ataupun keluarnya lendir/muskus dari hidung. Contoh penyebab penyakit sinus ini adalah: kurangnya kelembaban udara, mengerasnya ingus yang keluar dari hidung, atau bisa juga diakibatkan oleh pemakaian obat antihistamin. Lendir atau mungus yang tidak bisa keluar pada akhirnya akan terkumpul dan menjadi lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri sehingga bisa menimbulkan peradangan.
 
# GEJALA PENYAKIT SINUS
  • Merasakan sakit kepala yang hebat dan sering
  • Pada bagian wajah terasa lebih sakit dari keadaan biasanya
  • Keluar ingus warna bening dari dalam hidung
  • Mengalami rasa sesak pada bagian rongga hidung
  • Sering mengalami batuk yang tidak berkesudahan
  • Tenggorokan terasa panas dan sakit
 
# MENCEGAH PENYAKIT SINUS
Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit sinus adalah dengan cara menghindari pencetus dari sinus itu sendiri. Beberapa orang percaya bahwa dengan meinum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat bisa mencegah terjadinya penyakit sinus. Air perasan jeruk nipis bisa membantu mengencerkan serta mengeluarkan lendir sehingga hidung tidak mampet. Selain itu, kita juga bisa menghindari ruangan yang lembab. Kamar/ruangan kita harus mendapat sinar matahari dengan cukup sehingga tidak lembab dan berjamur. Bila kita tidak tahan dengan hawa dingin sehingga selalu bersin-bersin, maka kita juga harus menghindari penggunaan ac ataupun bisa juga kita tidak keluar rumah selama matahari belum muncul. Dengan menghindari pencetus penyakit sinus, kita pasti akan terhindar dari penyakit sinus ini
 
# MENGOBATI PENYAKIT SINUSITIS
Bila dirasa sudah sangat mengganggu, kita bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang benar dan sesuai. Selain itu, kita juga bisa mengobati sinusitis dengan emnggunakan obat serta ramuan tradisonal dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada di sekitar kita.
Berikut ini adalah resep obat tradisional untuk penyakit sinus:
Bahan:
1 jari jahe merah
5 batang sereh
3 buah jeruk nipis
7 lembar daun sirih
7 buah cengkih
 
Cara membuat:
Potong jeruk nipis menjadi 4
Rebus semua bahan dengan menggunakan 6 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas
 
Cara pemakaian:
Minum ramuan ini 3x segari setelah makan, masing-masing 1/2 gelas setiap kali minum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar